Buah Lai – Buah Asli Kalimantan


Buah asli Kalimantan

Jika kalian menganggap bahwa buah pada gambar di atas adalah buah durian, maka kalian salah besar. Kalian bisa melihat tulisan yang tertera pada kardus di gambar tersebut. Yah, itu adalah buah lai, buah asli dari Kalimantan Timur. Saya sempat bertanya kepada penjual buah tersebut, bagaimana tulisan buah lai yang benar? “lai” atau “elai”? Penjual tersebut sepertinya tidak tahu tulisan buah lai yang sebenarnya. Setelah saya searching, sepertinya yang benar adalah “lai”

Sekilas buah lai memang mirip dengan buah durian, sama-sama memiliki kulit berduri. Buah lai dan buah durian berada dalam genus yang sama, yaitu Durio. Nama ilmiah buah lai adalah Durio kutejensis, sedangkan nama ilmiah buah durian adalah Durio zibethinus.

Buah asli Kalimantan

Meski buah lai masih satu genus dengan buah durian, tapi aroma buah lai tidak menyengat seperti buah durian. Ketika kulit buah lai dibuka, maka akan terlihat daging buah lai yang berwarna kuning atau orange dengan tekstur yang tidak selembek buah durian. Rasanya pun sangat berbeda dengan buah durian. Kalau menurut saya dan dua orang teman saya, Kak Ai dan Kak Teni rasa daging buah lai seperti ubi madu. Manis. Berbeda dengan buah durian, buah lai tidak membuat pusing atau mabok apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Meski tidak membuat pusing, tetap jangan makan berlebihan yah.

Penjual buah lai bisa kalian temukan di sepanjang jalan antara Balikpapan hingga Samarinda. Buah lai yang dijual oleh penjual tersebut berkisar antara Rp 10.000 – Rp 20.000 per buah.

Jika kalian berkesempatan menyambangi Kalimantan Timur, maka jangan lupa untuk mencicipi buah lai ini. ^^

Depok, 9 Juni 2012

Sumber Foto: dokumen pribadi

Perjalanan ke Kalimantan tanggal 23-26 Februari 2012

About these ads