Resolusi Juara 2012, Belajar Bahasa Melalui Media Online


Meski tahun 2011 telah berakhir, tetapi daftar mimpiku masih banyak yang belum terealisasi. Tahun 2012 ini, saatnya kembali melangkah untuk menggapai mimpi-mimpiku. Salah satu resolusiku di tahun 2012 adalah aku ingin mempelajari beberapa bahasa asing. Ketertarikanku untuk mempelajari berbagai macam bahasa, membuat aku berkeinginan untuk mengambil beberapa kursus bahasa asing, diantaranya Bahasa Jerman, Bahasa Arab, dan Bahasa Perancis. Tadinya, aku ingin mempelajari ketiga bahasa asing tersebut di tahun 2011, namun karena tahun 2011 aku mengambil skripsi, jadi perhatianku banyak tersedot untuk menyelesaikan skripsiku. Oleh karena itu, di tahun 2012 ini, aku kembali ingin mempelajari ketiga bahasa tersebut.

Mempelajari bahasa asing dengan mengkuti kursus bahasa, tentu akan sangat menguras kantong. Hal ini dikarenakan aku harus mengikuti tiga kelas bahasa, yang harga kursusnya mungkin tidaklah murah. Selain itu, aku pun akan membutuhkan ekstra waktu yang cukup banyak untuk menjalani ketiga kursus bahasa tersebut. Sepertinya, jika mengikuti kursus bahasa yang harus datang ke kelas, mungkin akan sangat membuat lelah, karena aku pun memiliki kegiatan lain. Oleh karena itu, aku memutuskan untuk mempelajari ketiga bahasa tersebut melalui media online secara gratis di livemocha. Dengan menggunakan media online dalam mempelajari bahasa, maka aku dapat mengerjakan lesson-ku kapan pun dan dimana pun aku berada, asalkan ada koneksi internet. Peralatan yang dibutuhkan pun hanyalah laptop, earphone, dan koneksi internet. Untuk belajar bahasa secara online di livemocha, dibutuhkan koneksi internet yang supercepat, karena materi yang disampaikan ada yang berupa video. Jika koneksi internetnya lambat, maka akan sangat mengganggu saat videonya diputar. Oleh karena itu, dukungan modem yang supercepat, tentu akan sangat membantu dalam kelancaran saat aku mengerjakan lesson. Telkomspeedyflash bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan kecepatan dalam berinternet secara maksimal.

Dengan internet, belajar bahasa asing pun dapat diakses dengan mudah. Jadi, yang ingin mempelajari bahasa asing, namun tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengambil kelas bahasa asing, maka belajar bahasa asing melalui media online menjadi alternatif yang sangat membantu. Kita bisa belajar bahasa asing kapan pun dan dimana pun, bahkan bisa chatting langsung dengan penutur asing, asalkan ada koneksi internet.

 

Tulisan ini diiukutsertakan dalam Lomba Resolusi Juara 2012.

Depok, 7 Januari 2012