Halal is My Life, Wardah is My Cosmetic


Bagi kaum hawa, kata kosmetik bukanlah suatu yang asing di telinga. Yah, kaum hawa memang dekat dengan kosmetik. Hal ini berkaitan dengan usaha kaum hawa untuk mempercantik dan merawat diri. Cantik bukan berarti harus berdandan menor, loh. Menurut saya, cantik itu apabila kita bisa berpenampilan rapih, bersih, wangi, dan juga terlihat fresh.

Dulu, saya cenderung cuek dengan urusan kosmetik. Sejak SMP hingga SMA, kegiatan yang saya lakukan selalu berkaitan dengan kegiatan outdoor, seperti Karate, Paskibra, dan Pecinta Alam. Akibat sifat cuek terhadap perawatan diri, akhirnya kulit saya pun sering merah-merah karena terbakar matahari dan akhirnya menjadi lebih gelap. Saat tahun pertama kuliah, saya pun masih bersifat cuek dalam merawat diri. Setelah mencapai titik dimana saya merasa kurang nyaman dengan penampilan saya, saya pun mulai mencari infomasi mengenai produk kosmetik atau pun treament apa yang harus saya lakukan untuk membuat wajah terlihat lebih fresh tanpa harus berdandan menor.

Tonggak sejarah pun dimulai…

Ketika memasuki tahun kedua kuliah, saya mulai memberanikan diri untuk mencoba beberapa produk kosmetik, seperti bedak, foundation, lipgloss, dan milk cleanser. Setelah beberapa kali gonta-ganti merk tanpa memperhatikan kehalalan produk tersebut, akhirnya salah satu teman saya merekomendasikan kosmetik yang telah bersertifikasi halal, yaitu Wardah. Bagi seorang muslimah, halal is my life. Tentu menjadi tidak sreg apabila seorang muslimah menggunakan suatu kosmetik yang tidak jelas kehalalannya. Saya pun mencoba dengan membeli produk Wardah satu persatu. Produk yang pertama saya beli adalah Bedak Lightening Two Way Cake. Bedak tersebut dilengkapi dengan UV Protection. Paduan bedak dan foundation-nya membuat lebih tahan lama. Bedak lightening two way cake yang saya pake itu nomor 2. Tanpa pakai foundation pun, rasanya bedaknya nempel gitu. Hohoho. Sejak kesan pertama tersebut, saya pun mulai tertarik dengan produk-produk Wardah lainnya.

Wardah is My Cosmetic

Setelah merasakan kenyamanan dari Bedak Lightening Two Way Cake, saya pun mencoba beberapa produk Wardah lainnya, seperti bedak powder, exclusive lipstick, hydrogloss, dan eyeliner. Untuk riasan harian, saya cukup menggunakan bedak lighthening two way cake, exclusive lipstick, dan hydrogloss. Perpaduan antara hydrogloss dan exclusive lipstick membuat bibir menjadi lembab. Dengan riasan seperti itu, sudah membuat saya pede untuk bepergian.

Produk wardah

Produk wardah

Selain mempercantik diri dengan merias wajah, perawatan wajah pun perlu diperhatikan untuk menunjang kecantikan tersebut. Berdasarkan dasar-dasar perawatan wajah yang pernah saya baca, kebersihan sebelum tidur dan pemberian nutrisi pada wajah merupakan hal utama dalam perawatan wajah. Jadi, tidak perlu memakai make up berat pun, insha Allah wajah kita bisa terlihat fresh dan “clink”. Oleh karena itu, saya pun tertarik untuk menggunakan milk cleanser, face toner, dan night cream dari Wardah sebagai pembersih dan nutrisi bagi wajah saya.

“Kulit yang bersih adalah awalan terbaik perawatan kulit. Tanpa kotoran dipermukaannya, nutrisi dan zat aktif dapat menyerap sempurna…” (Booklet Wardah Lightening Series)

Sebelum menggunakan milk cleanser, saya hanya menggunakan facial wash untuk membersihkan wajah. Namun, sejak saya tahu bahwa facial wash kurang efektif untuk membersihkan sisa bedak dan kosmetik, saya pun menggunakan milk cleanser serta face toner. Sedangkan facial wash hanya saya gunakan untuk membersihkan wajah apabila saya tidak bepergian. Cleansing merupakan awalan dari sebuah perawatan kulit. Jika masih ada kotoran yang menempel, maka proses perawatan pun tidak akan maksimal. Jadi, janganlah malas untuk membersihkan wajah setelah bepergian dan menggunakan make up.

Halal is My Life…

Untuk memilih kosmetik yang akan dibeli, kita harus melihat komposisinya terlebih dahulu. Kenapa? Selain harus waspada dengan bahan kimia yang terkandung, kita juga harus waspada dengan bahan-bahan yang menjadi titik kritis pada kosmetik sehingga menjadikan kosmetik tersebut menjadi tidak halal. Beberapa bahan yang menjadi titik kritis dalam kosmetik, diantaranya:

  1. Plasenta, dapat berasal dari hewan (mamalia), seperti sapi, kambing, babi, dan manusia. Efeknya untuk mencegah penuaan kulit dan mampu meremajakan kulit. Biasanya digunakan pada hand body lotion dan krim pemutih.
  2. Cairan Amnion, dapat berasal dari sapi atau lembu janta dan babi. Efeknya untuk membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit. Biasanya digunakan pada pelembab, lotion rambut, perawatan kulit kepala, dan shampo.
  3. Glyserin, dapat berasal dari hewani (sapi, babi) dan nabati (kelapa, sawit, dll). Efeknya membantu melembabkan dan melembutkan kulit.
  4. Kolagen, dapat berasal dari sapi, babi, atau organ manusia. Dalam kosmetik berefek pada proses pertumbuhan sel (jaringan). Biasanya digunakan pada hand body lotion dan pelembab.
  5. Vitamin, penambahan vitamin dianggap sebagai penyuplai gizi makanan untuk kulit. Sifat vitamin yang tidak stabil membutuhkan bahan pelapis (coating agent). Coating agent yang biasa dipakai diantaranya gelatin (sapi atau babi), keragenan, gum, atau pati termodifikasi). Biasanya digunakan pada hand body lotion.
Kosmetik halal

Kosmetik halal

Beberapa bahan yang terkandung dalam sebuah produk kosmetik tersebut membuat kita harus berhati-hati dalam memilih kosmetik yang akan kita beli. Mengenali kehalalan suatu kosmetik memang tidak mudah, karena kosmetik yang belum bersertifikat halal belum tentu haram. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengenali bahan yang dipakai. Bahan yang berasal dari tumbuhan biasanya halal, sedangkan bahan yang berasal dari hewan masih diragukan kehalalannya. Jika ingin aman, maka pakailah kosmetik yang sudah bersertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Halal is My Life…Wardah is My Cosmetic

Untuk menjadi cantik setiap hari, kita tidak perlu selalu berdandan menor. Merias wajah boleh saja, asalkan sesuai kebutuhan. Namun, selain merias wajah, kita tetap harus memperhatikan perawatan diri dengan rajin membersihkan wajah, serta rajin memberi nutrisi bagi wajah. Hal tersebut akan membuat wajah kita terlihat cantik dan lebih segar. Agar tidak was-was dengan kehalalan produk yang kita gunakan, maka pilihlah kosmetik yang telah bersertifikat halal dari MUI. Wardah Cosmetic adalah pilihan yang tepat untuk mempercantik dan merawat diri dengan kosmetik halal.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan BLOGdetik yang bekerja sama dengan LPPOM MUI  dan WARDAH, sebagai produk kosmetik yang mendapatkan seritifikasi halal pertama kali di Indonesia.

Depok, 14 Agustus 2012; pukul 07.30 WIB

sumber:

1. Mengenali kosmetika halal

2. Titik kritis bahan haram dalam kosmetika

3. Booklet Wardah Lightening Series