Festival Teluk Jailolo, Pesonamu Memikat Hatiku


“Tulisan ini diikutkan dalam Jailolo, I’m Coming!” Blog Contest yang diselenggarakan oleh Festival Teluk Jailolo dan Wego Indonesia

Jailolo, nama yang masih cukup asing di telinga saya. Karena keasingan tersebut, justru mencongkel rasa penasaran saya untuk mendapatkan informasi mengenai Jailolo. Saya baru tahu kalau Jailolo yang terletak di Halmahera Barat ini, setiap tahunnya mengadakan sebuah festival yang bernama Festival Teluk Jailolo. Apa saja yang bisa kita saksikan saat Festival Teluk Jailolo? Banyak. Dari wisata alam sampai wisata budaya. Paket lengkap untuk menikmati eksotisme Indonesia bagian timur.

 Image

The Treasure of Golden Spice Islands adalah tema Festival Teluk Jailolo 2013. Festival Teluk Jailolo 2013 ini akan dibuka dengan Ritual Laut, Sigofi Ngolo. Selama mengikuti festival ini, kita tidak hanya disuguhkan dengan indahnya alam Halmahera, tetapi juga dengan berbagai macam pertunjukkan seni dan budaya, seperti Tari Cakalele, pembuatan handicraft, wisata sejarah, parade Gerobak Sapi, dll. Yang akan membuat Festival Teluk Jailolo 2013 menjadi lebih istimewa adalah adanya pertunjukkan musikal drama dan tari yang bertempat pada sebuah panggung di atas laut yang bertajuk Sasadu on the Sea. Festival Teluk Jailolo 2013 ini ditargetkan untuk memecahkan dua rekor MURI yang bersifat kebudayaan. Waaaah, envy. Suguhan menarik dari Festival Teluk Jailolo ini benar-benar menjadi magnet untuk saya.

Berangkat dari Jakarta hingga tiba di Bandara Sultan Babullah, kemudian menaiki speed boat menuju Jailolo, serta menyaksikan rangkaian acara Festival Teluk Jailolo 2013, akan menjadi perjalanan dan pengalaman yang berharga, serta tak terlupkan karena bisa menikmati salah satu pesona alam dan budaya Indonesia bagian timur. Dengan demikian, saya pun tidak akan ragu untuk membagi cerita mengenai Festival Teluk Jailolo kepada teman-teman, karena saya telah menikmati keindahan alam Jailolo dengan mata kepala saya sendiri.

Yang akan saya lakukan untuk mempromosikan Jailolo ke publik adalah:

  1. Membuat cerita perjalanan beserta foto-foto di blog dan seluruh social media yang saya miliki.
  2. Mengirimkan tulisan tentang pengalaman saya saat mengikuti Festival Teluk Jailolo 2013 ke redaksi Leisure koran Republika untuk rubrik Jalan-Jalan.
  3. Membeli souvenir asli dari Jailolo, kemudian akan saya bagi-bagikan kepada teman-teman sambil menceritakan pengalaman saya. (biar pada mupeng ^^)
  4. Membuat kuis di social media. Jawaban dari pertanyaan kuis tersebut akan memaksa orang untuk menggali informasi mengenai Jailolo. Jawaban yang paling menarik akan mendapatkan souvenir asli dari Jailolo.

Yang bisa saya usulkan untuk mempromosikan Jailolo ke publik adalah:

  1. Kerjasama dengan media cetak maupun elektronik nasional (internasional juga boleh) untuk meliput acara Festival Teluk Jailolo.
  2. Memasang billboard di jalan mengenai penawaran travel package ke Jailolo.
  3. Pasang iklan di bus-bus mengenai keindahan Jailolo dan taravel package. (iklan di bagian luar bus)
  4. Kerjasama dengan perusahaan yang suka menampilkan budaya dan alam Indonesia di iklan produknya.

Indonesia, the dangerously beautiful country”. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan betapa indahnya alam Indonesia dan betapa kayanya budaya Indonesia. Semoga Festival Teluk Jailolo bisa menyamai atau melebihi popularitas pariwisata-pariwisata Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara.

original_3afd1a9a237565e7387a20d5c5bdadf0

Depok,24 Maret 2013 pukul 21.52 wib

Image