Surat Untuk Marina (UV White SPF 15)


marina_uv_white

Dear Marina,

Seperti yang kamu bilang, ternyata radiasi sinar ultraviolet yang dipancarkan sinar matahari memang memiliki dampak yang membahayakan kulit. Setelah aku mencari informasi lebih jauh, ternyata ada tiga jenis sinar Ultraviolet, yaitu UV A, UV B, dan UV C. Dari ketiga sinar UV tersebut, memang UV C yang tidak membahayakan bagi manusia, karena UV C telah terserap di atmosfer. Tapi, UV B dan UV A sungguh sangat menakutkan. Wow. Ternyata keduanya bisa berdampak buruk, yah. UV B bisa menyebabkan pigmentasi dan kulit terbakar, sedangkan UV A bisa memicu kanker kulit, penuaan dini, hiperpigmentasi, pengerutan, bahkan kulit kusam. Sekarang aku mengerti mengapa kamu selalu mengingatkan aku untuk selalu menggunakan Marina UV White SPF 15 ketika beraktifitas.

Oya, btw, awalnya aku agak bingung sebenarnya dengan istilah dari SPF 15 dan PA + saat melihat kemasan botol Marina UV White. Setelah aku cari tahu, ternyata SPF itu singakatan dari Sun Protection Factor. SPF ini adalah perlindungan untuk UV B, kan. Nah, angka 15 itu sendiri sebenarnya menunjukkan waktu 15 kali lebih lama, bukan? Misalnya, kalau kulitku bisa bertahan hingga 15 menit di bawah sinar matahari tanpa menjadi merah, maka ketika aku memakai Marina UV White, perlindungan yang diberikan oleh Marina UV White adalah selama 15 x 15 menit = 3 jam 45 menit. SPF 15 ini cukup optimal yah, karena pada dasarnya peningkatan tingkat SPF 15 tidak  bersifat linear terhadap tingkat perlindungan dari sinar matahari. Sebagai ilustrasi, SPF 15 dapat mem-filter sinar UV B sebesar 94%, sedangkan SPF 30 sebesar 97%, bukan dua kali lipatnya.

Mengenai PA+, setelah aku searching, ternyata PA merupakan singkatan dari protection grade of UV A. Nah, PA ini merupakan perlindungan terhadap radiasi sinar UV A. Benar, kan? Ada tiga tipe perlindungan sinar UV A, yaitu PA+, PA++, PA+++. Semakin banyak lambang + nya, berarti semakin lama melindungi kulit dari radiasi. Ah, menggunakan PA+ sudah cukuplah untuk melindungi kulit dari radiasi UV A. Toh, gak mungkin kan lotion tahan seharian, mengingat kita akan berkeringat atau terkena air saat berwudhu. Jadi, kalau dirasa butuh untuk menggunakannya lagi, ya tinggal pakai lagi aja, yah.

Oh ya, akhirnya aku mengikuti saranmu loh untuk memakai Marina UV White SPF 15 saat naik gunung, hehehe. Masalah utama setelah aku naik gunung adalah kulit menjadi kering dan biasanya pasti menjadi lebih gelap. Hiks. Saat mendaki Gunung Gede kemarin, tanggal 26-28 April 2013, aku membawa Marina UV White, loh. Selain memberikan perlindungan dari UV B dan UV A, ternyata Marina UV White juga mengandung Biowhitening Complex dari Yoghurt dan Vitamin B3 yang kaya nutrisi untuk membantu mencerahkan kulit dari dalam. Wangi Marina UV White pun menyegarkan. Jadi semangat mendaki, deh. Selain itu, Marina UV White juga mengandung Vitamin E yang merawat kulit senantiasa halus dan lembut, serta moisturizers yang menjaga kelembabapan kulit. Alhasil, gak ada lagi deh istilah kulit kering dan kulit gelap setelah naik gunung. Yeay. Thanks Marina.

Sincerely,

Evi

LOMBA MARINA

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba yang diadakan oleh Sahabat Marina dengan tema “Pentingnya SPF15 untuk perlindungan optimal setiap hari”

***

Depok, 11 Mei 2013 ; pukul 23.50 WIB

Referensi:

  1. Paula’s Choices
  2. Pewarta Indonesia
  3. Kabar24.com
  4. Kompas Female

hujantanpapetir-801