Kekuatan 3G dari Pantai Plengkung Alas Purwo


Tidak akan pernah habis kata untuk menceritakan keindahan alam tanah air tercinta. Indonesia memiliki banyak sudut eksotis yang telah mendunia. Bahkan, tidak tanggung-tanggung beberapa lokasi di Indonesia menyandang status ‘surga’ bagi para petualang dan masuk ke dalam jajaran 7 Wonders.

Adalah Pantai Plengkung yang konon keindahannya kini telah mendunia. Pantai yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, ini berhasil menyandang status ‘surga’ bagi para peselancar dan menjadi destinasi dalam 7 Wonders Terios Sahabat Petualang. Satu pertanyaan yang ingin saya ketahui, apa yang membuat Pantai Plengkung menyandang status ‘surga’ diantara pilihan lokasi berselancar lainnya?

Ternyata, Pantai Plengkung memiliki kekuatan 3G yang sangat kuat sehingga bisa menyandang status ‘surga’ bagi para peselancar. Kekuatan 3G yang dimaksud disini adalah Great, Green, dan Grajagan.

pantai plengkung

G yang pertama untuk Great. Kata Great menggambarkan kehebatan ombak yang dimiliki oleh Pantai Plengkung. Keberadaannya dalam gugusan pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Pantai Plengkung memiliki 7 gulungan ombak dengan ketinggian mencapai 6 meter dalam interval 5 menit. Ombak besar tersebut dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari selatan (Antartika). Hal ini pula yang membuat Pantai Plengkung dihadiahi julukan “The Seven Giant Waves Wonder” oleh peselancar asing. Bahkan, Pantai Plengkung sudah lima kali menjadi tuan rumah ajang surfing internasional. Jadi, wajar saja jika Pantai Plengkung menjadi lokasi favorit para penggila olahraga surfing.

 Banteng_at_Alas_Purwo

Kemudian, G yang kedua untuk Green. Kata Green menggambarkan lokasi Pantai Plengkung yang masih hijau dan alami karena lokasinya yang berada di areal Taman Nasional Alas Purwo. Sebelum menikmati kedahsyatan ombak di Pantai Plengkung, kalian akan disajikan keindahan ekosistem khas hutan hujan tropis. Selain itu, mungkin saja kalian akan bertemu dengan beberapa jenis binatang penghuni Taman Nasional Alas Purwo, seperti monyet liar, burung merak, kijang, rusa, banteng, dan binatang lainnya.

 pantai G-land

G yang yang terakhir untuk Grajagan. Kata Grajagan mewakili letak lokasi berselancar yang berada di Teluk Grajagan yang bentuknya menyerupai huruf G. Karena bentuknya yang unik ini, Pantai Pelengkung kerap dikenal dengan sebutan G-land.

Dengan kekuatan 3G tersebut, tidaklah heran jika Pantai Plengkung menyandang status ‘surga’ bagi para peselancar dan menjadi salah satu destinasi dalam 7 Wonders. Jadi, Pantai Plengkung merupakan tujuan wisata di tanah air yang paling ideal untuk para petualang. Agar petualangan kalian sempurna, maka waktu yang tepat untuk  mengunjungi Pantai Plengkung adalah pada bulan Juli hingga September.

Ayo rasakan sensasi Pantai Plengkung dan sebarkan ‘kekuatan 3G’ di antara sahabat petualang!

***

 Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog #Terios7Wonders yang diadakan Daihatsu, bekerja sama dengan Vivalog dan Blogdetik

C26, 4 September 2013 ; 12.35

hujantanpapetir-801Referensi:

1. Wikipedia pantai plengkung

2.wikipedia TN Alas Purwo

3. balibackpacker.blogspot.com

4. Indonesiatraveler