Galendo: Panganan Khas Ciamis


Mungkin tidak banyak yang tahu apa panganan khas dari Ciamis. Termasuk saya. Meski ibu berasal dari Ciamis dan hampir setiap tahun mudik ke Ciamis, rasa-rasanya tidak pernah sekalipun saya mencicipi panganan khas dari Kabupaten yang yang berslogan “Ciamis Manis Manjing Dinamis”.

Saat lebaran tahun 2012, ada teman ayah yang minta untuk dibelikan Galendo asli Ciamis. Jadilah, kami mampir ke toko yang menjual Galendo. Menemukan toko penjual Galendo sebenarnya susah-susah gampang. Pasalnya, kalau perjalanan arus balik, penjual oleh-oleh khas Ciamis tidak terlalu banyak di pinggir jalan.

Karena teman ayah pesan untuk dibelikan Galendo, akhirnya saat perjalanan pulang ke Jakarta, kami pun menyempatkan untuk mencari penjual Galendo. Dan ternyata saya pun baru melihat wujud dari Galendo itu sendiri. Warnanya coklat dan aroma kelapanya sangat terasa.

Galendo khas Ciamis

Makanan asli Ciamis ini terbuat dari ampas kelapa yang dimasak. Kelapa yang telah diparut, kemudian diperas, lalu diambil santannya. Setelah itu, santan direbus selama kurang lebih empat jam hingga airnya habis. Setelah airnya habis dan menggumpal, gumpalannya tersebut diperas. Nah, perasannya ini yang kemudian menjadi Galendo dan minyak.

galendo_4

Serbuk Galendo

Saat ini, Galendo sudah dikemas dengan kemasan yang menarik dan rasa yang bervariasi, seperti rasa coklat, pisang, strawberry, dan susu. Harganya tidak terlalu mahal dan cukup bervariasi tergantung besar kecilnya dan kualitas dari Galendo itu sendiri.

Meski lidah saya kurang cocok dengan rasa Galendo ini, tapi panganan asli dari Ciamis ini patutlah dicoba. Mungkin bisa dinikmati bersama secangkir teh panas atau kopi, apalagi jika di cocolkan dengan gula putih.

Yuk, yang sempat mengunjungi Ciamis, jangan lupa mencicipi dan mengenalkan Galendo kepada teman dan saudara.🙂

***

Depok, 5 Oktober 2013 ; 13.40 wib

*menyelesaikan tulisan yang ada di draft satu tahun lalu*

hujantanpapetir-801Sumber:

1. https://www.facebook.com/galendo.ciamis/posts/259319387503459

2. http://news.liputan6.com/read/349336/galendo-kudapan-rakyat-yang-pernah-ke-istana

3. http://www.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/1197