Resep Kue Milu dari Gorontalo


Setelah setahun lalu saya pernah posting tentang  makanan yang bisa ditemukan di Gorontalo, kali ini saya akan menuliskan resep pembuatan kue milu dari Gorontalo.

Dalam bahasa Gorontalo, milu artinya jagung. Di Gorontalo, kue milu ini biasa disajikan di acara syukuran, pernikahan, khitanan, maupun acara empat puluh hari orang meninggal.

Kue milu berwarna kuning dan rasanya manis. Teksturnya pun lembut. Karena saya baru pertama kali mencicipi kue milu, saya pun antusias untuk bertanya mengenai bahan dan cara pembuatan kue tersebut. Karena saya terlihat sangat antusias, akhirnya tetangga di sebelah kos saat di Gorontalo berbaik hati untuk membuatkan saya kue milu yang nantinya akan dibawa ke Jakarta. Akhirnya saya pun berkesempatan melihat dan membantu sedikit proses pembuatan kue milu.

Untuk mendapatkan bahan-bahan kue milu, kami harus berbelanja di kota dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan taksi (di Gorontalo, taksi adalah sebutan untuk angkot). Hal ini karena tidak ada minimarket atau pun supermarket di tempat di mana saya tinggal.

Kue Milu/Jagung

DSC00386

Bahan-bahan untuk membuat kue milu

Bahan:

400 ml             santan

1 kaleng           jagung Del Monte Whole Kernel

500 gr              susu kental manis

300 gr              custard powder

500 gr              gula putih

2 bungkus        vanili

Cara Membuat:

1. Masukkan santan ke dalam panci yang sudah dipanaskan dengan api sedang.

2. Tambahkan jagung Del Monte Whole Kernel, susu kental manis, custard powder, gula, dan vanili. Saat penambahan, tetap ada proses pengadukan.

3. Aduk hingga rata dengan satu arah putaran. Jangan berhenti mengaduk agar bahan tidak gosong.

4. Siapkan cetakan untuk wadah kue milu.

5. Setelah matang, segera tuang bahan ke cetakan yang telah disiapkan. Proses ini harus dilakukan dengan cepat, jika tidak, kue milu akan mengeras.

6. Beri taburan mesis atau lainnya sesuai selera.

kue milu

Kue Milu/Jagung

This is it !!!! Kue milu dari Gorontalo. Tertarik untuk membuatnya?

***

Depok, 6 Oktober 2013 ; 00.02 wib

hujantanpapetir-801