Memulai dari Tobelo


Welcome Tobelo. Bandara Kuabang Kao, Halmahera Utara. #latepost 050914

Tobelo. Ah, bahkan saya pun baru dengar nama tempat ini dari teman saya. Entah apakah nama lokasi ini ada di peta? Apakah di sana ada sinyal? Buat saya, penting banget tuh ada sinyal internt atau tidak. Hihihihi

Tidak terasa, usia pernikahan saya memasuki usia 11 hari. Klo bayi, usia segitu masih merah. Dan saatnya pun tiba untuk meningalkan Pulau Jawa hingga beberapa waktu ke depan. Yah, suami saya yang berprofesi sebagai PNS, ditempatkan di KPPN Tobelo. Dan saya pun dengan beratsenang hati mengikuti domisili suami.πŸ™‚

Tobelo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Indonesia. Tobelo juga merupakan ibukota kabupaten. Hayo, ibu kota Maluku Utara apa? Ssst…. Jangan searching di google yak. Soalnya saya baru tahu setelah diberi tahu suami kalau ibu kota Maluku Utara sudah bukan di Ternate. Sekarang ibu kota Maluku Utara adalah Sofifi.

Untuk menjangkau Tobelo dengan transportasi udara, hanya ada satu penerbangan yang tersedia menuju Halmahera Utara, yaitu Manado -Halmahera Utara dengan jadwal penerbangan setiap harinya pada pukul 07.00 WITA.

Alternatif transportasi lain dengan menggunakan pesawat, bisa menuju Ternate. Dari Ternate dilanjutkan dengan perjalanan laut menuju Sofifi dengan menggunakan speed boat selama 45 menit. Yah, perkiraan ongkos sekali jalan sekitar 2 juta rupiah. Lebih murah bertandang ke Singapura atau Malaysia yah, dari pada ke Indonesia bagian Timur.πŸ™‚

View on Path

image