Menjelajahi Halmahera Utara dalam Satu Hari


Berkesempatan tinggal di Tobelo, Halmahera Utara, membuat saya memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alam di salah satu wilayah Indonesia Timur. Coba saja searching dengan mesin pencari tempat-tempat wisata yang ada di wilayah Halmahera Utara atau buka situs wisata halmaherautara.com. Dalam situs tersebut dijabarkan objek wisata, baik alam maupun budaya yang ada di Halmahera Utara. Nah, jika kalian hanya memiliki waktu yang terbatas saat mengunjungi Halmahera Utara, saya akan memberikan beberapa lokasi yang bisa dijelajahi dalam satu hari saja.

Saat kalian mengunjungi Halmahera Utara, menginaplah di Tobelo. Tobelo merupakan pusat kecamatan, jadi akses pasar, kendaraan, rumah makan, penginapan pun lebih mudah. Untuk mencapai Tobelo, kalian bisa naik Wings Air penerbangan Manado – Kuabang Kao. Dari Bandara Kuabang Kao, naik taksi ke Tobelo dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Alternatif lain, kalian bisa naik speed boat dari Ternate menuju Pelabuhan Sofifi. Kemudian naik taksi dari Pelabuhan Sofifi menuju Tobelo dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan.

Untuk penginapan di Tobelo, saya merekomendasikan penginapan Zhafira Hotel, karena hotelnya lumayan besar dan nyaman. Untuk perjalanan menjelajahi Halmahera Utara, saya sarankan agar kalian menyewa mobil agar lebih mudah dalam mencapai lokasi.

Pagi pertama di Tobelo, kalian bisa menikmati sunrise di Tanjung Pilawang. Usahakan pukul 05.30 sudah berada di lokasi agar tidak ketinggalan moment matahari terbit. Saat siang dan sore hari, di Tanjung Pilawang ini ada sebuah warung yang menjajakan camilan pisang goreng beserta sambal ikan julung, serta susu jahe. Mungkin bisa menemani kala menunggu senja.

image

image

Pisang goreng dengan sambal ikan julung dan susun jahe

Setelah menikmat sunrise di Tanjung Pilawang, kalian wajib menikamti sarapan khas Tobelo, yaitu nasi kuning dengan ikan dan mie. Harganya cukup bervariasi antara 7.000 hingga 15.000.

image

Setelah sarapan, sekitar pukul 8 atau 9 pagi, kalian bisa pergi ke pelabuhan untuk snorkeling di Pulau Kakara dan sekitarnya. Agar bisa mengunjuni pulau-pulau di Kepulauan Tobelo, sebaiknya kalian menyewa perahu dengan kapasitas hingga 10 orang. Harga sewanya sekitar 200.000. Pulau yang wajib kalian kunjungi antara lain Pulau Tagalaya dan Pulau Kakara. Pulau Tagalaya memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Saat musimnya, kalian akan banyak menemukan bintang laut di pantai Tagalaya. Bagi kalian yang suka snorkeling dan diving, Pulau Kakara adalah spot terbaik untuk melakukannya. Pulau Kakara memiliki terumbu karang yang sangat indah dan beraneka ragam. Jika masih cukup waktu, kalian bisa menikmati pasir putih di Pulau Kumo.

image

image

image

Setelah puas menjelajahi pulau-pulau di Kepulauan Tobelo, saya sarankan pada pukul 14.00 kalian sudah balik ke Pelabuhan Tobelo untuk menjelajahi tempat wisata lainnya, yaitu Air Panas Mamuya. Saat sore hari, tempat pemandian Air Panas Mamuya akan didatangi warga sekitar yang akan mandi, jadi lebih baik mengunjungi tempat ini sebelum sore hari.

image

Dari pemandian air panas, perjalanan di lanjutkan menuju Telaga Duma. Di Telaga Duma ini ada sebuah pohon mangga yang usianya lebih dari seratus tahun dan ada monument ….. Telaga Duma ini juga spot yang nyaman untuk mmancing.

image

image

Penjelajahan di Halmahera Utara dalam satu hari, diakhiri dengan menikmati sunset di Pantai Luari.

image

image

Jika kalian memiliki waktu yang lebih lama berada di Halmahera Utara, keedokan harinya kalian bisa menjelajahi Pulau Morotai dan Pulau Dodola. Selain bisa snorkeling dan diving, kalian juga bisa melihat peninggalan dan monument dari perang dunia kedua.

Menjelajahi Halmahera Utara dalam satu hari? Siapa takut.

image
Tobelo, 24 Oktober 2014 ; 11.59 WIT

image