Games Level 2 – Melatih Kemandirian Anak – #Day1


Jenis Kegiatan:

  • Pelatihan adab makan dan minum
  • Mengenalkan rutinitas sebelum tidur

Jenis kemandirian yang dilatih: Kemandirian dalam ketrampilan hidup

Dalam sebulan terakhir tinggal di rumah eyang, pola makan Fatih agak sedikit berantakan dan proses makannya pun semaunya Fatih. Seperti lebih banyak makan camilan, makan di luar jadwal makan, dan makan sambil nonton tv. Oleh karena itu, dalam tantangan kali ini saya ingin memperbaiki kembali pola makan Fath dan melatih kembali adab makan yang baik.

Tujuan:
– Anak mampu mandiri menggunakan adab yang baik saat hendak dan saat menyantap minuman/makanan.

– Anak mengenal jadwal rutinitas

Catatan kegiatan dan ekspresi anak saat pengenalan adab makan :

Saat makan camilan duduk di booster seat

  • Fatih mau makan sambil duduk di booater seatnya. Kadang ia makan duduk di kursi kecil dengan meja pendek.
  • Setiap memulai makan, tidak lupa saya mengajak Fatih untuk berdoa. Terkadang jika sudah lapar, Fatih langsung menyuap makanannya sendiri. Namun tetap dijak berdoa. Saat berdoa Fatih selalu mengangkat tangannya.
  • Beberapa hari terakhir Fatih sudah mau makan sendiri tanpa disuapi dan minumnya pun kini pakai gelas.
  • Saya tidak memaksa Fatih harus selalu mnghabiskan makanannya jika memang ia sudah keyang. Tetapi saya coba mengajarkannya untuk tidak menyisakan makanan. Biasanya saya meminta izin untuk mnghabiskan makanannya jika memang sudah tidak ingin dimakan. Saat moment ini, biasanya saya mminta Fatih menyuapi saya dengan sendok. Fatih pun senang sambil ketawa-ketawa. 😅
  • Tadi saat makanan Fatih berceceran ke lantai, saya mngajaknya untuk membersihkan. Fatih pun mengambil tisu dan berusaha memungut ceceran makanannya.

Catatan kegiatan dan ekapresi anak saat pengenalan rutinitas sebelum tidur :

Saat menyikat gigi sendiri

  • Setelah shalat isya dan Fatih sudah enggan nyemil makanan, biasanya saya atau ayahnya mengajak Fatih untuk menyikat giginya. Alhamdulillah semalam Fatih snagat kooperatif diajak sikat gigi. Tidak perlu ada drama-drama tangisan.
  • Fatih minta menyikat gigi di kamar mandi sambil ngaca. Awalnya Fatih yang menyikat giginya sendiri. Setelah puas menyikat gigi sendiri, Fatih menyerahkan sikat giginya kepada saya untuk dilanjutkan menyikat gigi.
  • Saya pun meminta Fatih untuk membuka mulutnya untuk menyikat gigi gerahan atas dan bawah. Alhamdulilah Fatih kooperatif selama proses menyikat gigi.
  • Setelah sikat gigi, Fatih pun kumur-kumur pakai air matang dan melepehnya. Fatih lagi semangat melepeh karena ia sudah bisa melepeh.
  • Setelah selesai sikat gigi, Fatih saya ajak untuk ganti baju tidur dan ganti popok. Semalam sih Fatih mau gantih popok dan ganti baju tidur. Kadang kala, Fatih hanya mau ganti baju saja, tidak mau ganti popok. Lain waktu, Fatih sama sekali gak mau ganti baju dan popok.

#Day1
#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian

#Tantangan10hari

 
Jumat, 14 Juli 2017

TBL

