Beda Buku Anak Halo Balita Paket dan Ecer


“Mba, emang apa bedanya Halo Balita yang mba jual sama yang di toko buku? Bukannya sama-sama Halo Balita?” “Di toko buku bisa beli satuan, tapi di mba kok harus sepaket?”

Pertanyan-pertanyaan di atas sama banget dengan pertanyaan saya dulu. 😅 Saya pun awalnya beli Halo Balita ecer, sampai akhirnya saya berhenti untuk mengoleksi Halo Balita ecer. Bahkan ada seri Halo Balita ecer yang sampai saya preloved kan karena isinya ada yang gak sesuai ekspektasi dan kurang greget. Dan hitungannya jadi lebih boros kalau udah beli ternyata gak sesuai ekspektasi. Ini sih pengalaman dan pendapat pribadi yah. 😅

Berikut beberapa perbandingan antara Halo Balita ecer dan paket yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk tidak lanjut mengoleksi Halo Balita ecer :

1. Coba perhatikan gambar No 1. Halo Balita ecer memiliki berbagai macam judul atau cerita lepasan. Berbeda dengan Halo Balita paket, yang judulnya sudah disusun sesuai tema-tema dasar yang menjadi kebutuhan balita, sehingga terlihat berkesinambungan dan komperehensif. Tentu saja judul buku yang ada pada Halo Balita paket tidak ada pada Halo Balita ecer.

2. Mari perhatikan kembali gambar No. 1. Coverbook Halo Balita ecer cenderung lebih berwarna (warni) dibanding Halo Balita paket (keseluruhan buku dalam Halo Balita paket menggunakan warna dasar putih). Selain itu ilustrasi gambarnya pun tidak sama atau tidak seragam antara buku yang satu dengan yang lain. Sedangkan pada Halo Balita paket, keseluruhan bukunya menggunakan ilustrasi gambar yang sama dan menggunakan tokoh yang sama sehingga membuat anak menjadi fokus pada tokoh utama seperti Sali dan Saliha.

3. Sekarang kita beranjak ke gambar No. 2 yang merupakan gambar halaman dibalik coverbook. Dapat kita lihat bahwa ukuran panjang Halo Balita ecer sedikit lebih kecil dibanding Halo Balita paket. Selain ukuran panjang, Halo Balita ecer memiliki ketebalan yang sedikit lebih tipis dari Halo Balita paket yang halamannya mencapai 26-27 halaman (lihat gambar No. 3). Halo Balita ecer, rata-rata hanya sampai 20 halaman. Hal ini karena pada Halo Balita paket terdapat tambahan inovasi yang seperti kita lihat pada gambar 4 dan 5, yaitu petunjuk orang tua untuk membacakan buku ke anak dan permainan buka tutup kertas.

4. Setiap Buku Halo Balita paket selalu dimulai dengan tulisan Basmallah. Hal ini melatih anak untuk selalu memulai aktivitas kebaikan dengan Basmallah. (Lihat gambar No.2).

5. Nah ini satu hal yang paling membedakan antara Halo Balita ecer dan paket. Coba perhatikan gambar No. 7, pada halaman belakang buku Halo Balita paket, di sana tertera logo “ReadboyTalkingEpen”. Yah, keseluruhan buku dalam Halo Balita paket bisa dibaca Elektronik Pen alias EPEN. Kalau Halo Balita ecer gimana? Sayang beribu sayang. Halo Balita ecer belum bisa dibaca dengan EPEN.

6. Sekarang kita beralih ke gambar No.7 yah. Pada gambar tersebut ada gambar tokoh Sali dan Saliha sedang bermain boneka tangan. Dalam paket Halo Balita kita dikasih bonus 3 boneka tangan Sali, Saliha, dan Kumi beserta panggung teaternya. Selain itu juga ada tambahan buku petunjuk orang tua bagaimana menggunakan paket Halo Balita secara maksimal dan buku cerita dalam bahasa Inggris.

7. Ada satu lagi yang membuat Halo Balita paket semakin menarik, yaitu memiliki inovasi Augmented Reality. Sayangnya, Halo Balita ecer tidak memiliki inovasi ini. Naaah. Sekarang sudah kebayang kan yah beda antara Halo Balita ecer dan Halo Balita paket. Selamat memilih.

Self help/kemandiarian Halo Balita

Buku tentang value pada Halo Balita

Advertisements