Bermain di BeeBeeLand


“Membuat anak BISA itu mudah, membuatnya SUKA baru tantangan.”

Materi kuliah Bunda Sayang semakin menantang. Bukan hanya tantangannya, tetapi konsistensi merekam setiap aktifitas pun diuji. Materi bulan keenam kuliah Bunda Sayang IIP terkait menstimulus matematika logis pada anak.

Pada dasarnya setiap anak dianugerahi kecerdasan matematika logis. Gardner mendefinisikan kecerdasan matematis logis sebagai kemampuan penalaran ilmiah, perhitungan secara matematis, berpikir logis, penalaran induktif/deduktif, dan ketajaman pola-pola abstrak serta hubungan-hubungan.

Dapat diartikan juga sebagai kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan matematika sebagai solusinya.

CIRI-CIRI ANAK DENGAN KECERDASAN MATEMATIKA LOGIS*

a. Anak gemar bereksplorasi untuk memenuhi rasa ingin tahunya seperti menjelajah setiap sudut.

b. Mengamati benda-benda yang unik baginya.

c. Hobi mengutak-atik benda serta melakukan uji coba.

d. Sering bertanya tentang berbagai fenomena dan menuntut penjelasan logis dari tiap pertanyaan yang diajukan.

e. Suka mengklasifikasikan berbagai benda berdasarkan warna, ukuran, jenis dan lain-lain serta gemar berhitung.

Yang sering salah kaprah di dunia pendidikan dan keluarga saat ini adalah buru-buru menstimulus matematika logis anak dengan cara memberikan pelajaran berhitung sejak dini. Padahal berhitung adalah bagian kecil dari sekian banyak stimulus yang harus kita berikan ke anak untuk merangsang kecerdasan matematika logisnya. Dan harus diawali dengan berbagai macam tahapan pijakan sebelumnya.

Oke, demikian sekilas tentang materi keenam. Sekarang lanjut dengan games level 6 hari pertama.

Pada hari pertama games level 6 ini saya mengajak Fatih main di BeeBeeLand di Depok Mall. Maim ke sini karena dapat promo diskon 50% dari telkomsel. Di sana ada beberapa spot untuk pretend play, seperti kantor polisi, dapur, supermarket, hospital, dll.

Dari kesemua spot tersebut, Fatih tertariknya dengan supermarket. 😅

Awalnya Fatih mengambil mainan berupa terong. Lalu saya memintanya mengambil buah dan sayuran yang berwarna ungu untuk dimasukkan ke keranjang. Meski sebagian besar berhasil, tapi Fatih masih suka bercanda mengambil benda yang warnanya berbeda. Hihihihi…

Yah, main seriusnya sedikit. Banyakan main mobil dan aktifitas motorik kasarnya seperti naik tangga dan naik perosotan.