Fatih dan Aktifitas Motorik Kasar


“Yeay.. Yeay… Yeay…”, ujar Fatih sambil loncat-loncat kegirangan. Pasalnya, ayah Fatih mengajak Fatih ke Taman. Di taman ada perosotan, ayunan, dll. Sama senangnya ketika Fatih diajak berenang dan bersepeda. Ketiga aktifitas motorik ini yang selalu membuat Fatih berbinar-binar bahkan saat menceritakan kegiatan tersebut. 😍

Beberapa kegiatan Fatih saat liburan di rumah eyang, di Purbalingga.

1. Berenang di Owabong

Main air di Owabong Purbalingga

Berenang di Owabong

Mendengar kata berenang saja, Fatih sangat bersemangat. Bahkan menagih terus untuk diajak segera berenang. Biasanya waktu di Tobelo, Fatih diajak berenang di pantai. Karena di Purbalingga akses ke pantainya agak jauh, jadi berenang di kolam renang saja. Bahkan baru sampai pintu masuk, Fatih sudah minta untuk segera berenang. Hehe. Fatih pun nurut ketika saya minta menggunakan baju renang barunya. Biasanya Fatih agak susah diminta menggunakan baju baru.

Untuk aktifitas berenang, Fatih belum diajarkan berenang sesungguhnya sih. Fatih baru berani tengkurap di pinggir kolam renang atau pantai dan merasakan tempias air/ombak yang datang. 😅 InsyaAllah, olah raga renang ini akan kami jadikan olahraga yang akan kami ajarkan kepada Fatih hingga Fatih bisa menguasainya.

2. Bersepeda di rumah eyang

Bersepeda

Bersepeda

Kalau ke rumah eyangnya, aktifitas favotitnya adalah naik sepeda. Sepeda yang disusun eyangnya kali ini agak tinggi, jadi harus pakai roda di kanan dan kirinya. Sebenarnya untuk belajar keeseimbangan bersepeda, paling cocok sih pakai balancing bike yah. Tapi kalau mau diy balancing bike sih ada tutorialnya.

Untuk aktifitas bersepeda, Fatih lumayan berani dan lihai menggunakan pedalnya hingga dia bisa menjalankan sepedanya. Untuk menggerakan stang saat belok pun sudah bisa. Bahkan saat naik dan turun dari sepeda, Fatih tidak mau dipegangin, karena dia mampu melakukannya sendiri. 😊

3. Panen telur ayam

Panen telur ayam

Saat di Purbalingga, Fatih pun diajak panen telur ayam di peternakannya eyang. Fatih pu diminta mengambil telur-telur tersebut dan meletakkan ke wafah. Fatih pun bisa melakukannya dengan baim dan hati-hati. Dalam kegiatan ini, Fatih bisa melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi dan melakukannya dengan baik.

4. Melakukan tantangan di playground

Palyground Happy Kiddy Depok Town Square

Masih dalam momen liburan, tapi kali ini saya mengajak Fatih bermain di palyground yang ada di Depok Town Square. Fatih pun mau mencoba memanjat untuk bisa merasakan naik perosotan. Kali kedua mengunjunhi playground ini, Fatih sudah cukup berani melakukan aktifitas ini. Pasalnya saat pertama kali ke tempat ini, Fatih tidak mau memanjat.

Anak seusia Fatih ini memang sedang aktif-aktifnya mengeksplore segala hal dan yang berkaitan dengan aktifitas motoriknya. Bahkan terkadang melakukan hal-hal yang harusnya perlu pengawasan, tapi Fatih kadang suka nekad melakukannya sendiri. 😅

Semua orang tua pasti setuju bahwa anak-anak didesain dengan keunikannya sendiri. Namun, berjalannya waktu kadang keyakinan orang tua atas kemampuan anaknya terdistraksi oleh lingkungan sekitar. Oleh karena itu, orang tua perlu belajar agar bisa memfasilitasi anak dalam mengasah kemampuan menjelajahi potensi mereka.

Advertisements