Fungsi Uang (Harta)


Materi ini dinisbahkan krpada Ustzh. Poppy yang diresumekan oleh Yurika. Saya share materi tentang harta yah

Ketika bicara mengenai harta, Al-Qquran menyebutkan 3 peran terkait dengannya :

Fadhl
Harta memberikan keutamaan pada yang memilikinya, dan sebaik-baik harta adalah yang dibelanjakan di jalan Allah (menafkahi keluarga, infaq, wakaf, sedekah).

Qiyaman
Yang “menegakkan”. Maksudnya ia membuat kita berdiri sendiri, dan tidak menghinakan diri (meminta-minta).

Khair
Kebaikan. Maksudnya, harta haruslah mendatangkan manfaat dan kebaikan pada pemiliknya. Jika ia mendatangkan keburukan atau dibelanjakan pada hal-hal maksiat/yang Allah tidak ridho dengannya, maka tidaklah keberadaan harta itu berkah bagi pemiliknya.

Insya Allah setelah anak belajar konsep ini, akan bisa diingatkan ketika mulai mau “belanja semaunya”. Akan tetapi harus tetap didukung dengan contoh dari ayah ibunyaa, karena tidak mungkin kan anaknya disuruh hemat sementar orang tuanya doyan belanja. Selain itu, bisa jadi hujjah jawaban orangtua ketika anak minta “jajan” atau “belanja di luar kebutuhan”.

Untuk tantangan hari berikutnya seperti saya akan mencoba menceritakan tentang Kisah Nabi Yusuf dan Mimpi Raja terkait 7 sapi kurus yang melahap 7 sapi gemuk. Highlight yang bisa diambil dari cerita tersebut terkait pengaturan alokasi dana, sehingga ketika sedang mendaoat rezeji berlebih tidak dihambur-hamburkan.

Advertisements