Belajar Saham di Sekolah Pasar Modal


Ada yang tahu campaign Yuk Nabung Saham dari Bursa Efek Indonesia? Yah, saat ini Bursa Efek Indonesia sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk nabung saham sebagai sarana investasi jangka panjang.

Memangnya kenapa sih perlu investasi? Salah satunya adalah untuk melawan inflasi. Inflasi dapat didefinisikan sebagai kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus sehingga nilai uang terus menurun. Agar uang kita selalu bisa mengejar naiknya harga-harga, kita harus pintar-pintar mengelolanya, salah satunya dengan investasi.

Selain untuk melawan inflasi, investasi juga dibutuhkan untuk mencapai tujuan finansial yang kita inginkan, misalnya pergi haji, memiliki rumah, menyekolahkan anak di luar negeri, atau lainnya. Investasi bisa dilakukan dalam bentuk real asset (asset berwujud) dan financial asset (asset berbentuk surat berharga). Kira-kira apa investasi yang cocok untuk tujuan jangka panjang yah? Coba kita lihat gambar dibawah ini.

faq3 (1)1442005040..jpg

Jenis investasi

Dari gambar di atas, kita bisa libat bahwa investasi yang memberikan return paling besar adalah investasi saham. Namun yang harus diingat dalam berinvestasi adalah kita harus memperhatikan risk (risiko) dan return (pendapatan investasi) dimana berlaku hukum makin tinggi pendapatan investasi, akan makin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor.

Saya tertarik belajar saham setelah mendapat pencerahan dari admin @Jouska_id. Setelah mencari berbagai macam info, saya pun memutuskan untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia.

Kelas Online Sekolah Pasar Modal

Kelas Online Sekolah Pasar Modal adalah solusi bagi Calon Investor yang ingin mengenal cara berinvestasi di Pasar Modal Indonesia, namun memiliki kendala untuk menghadiri Kelas Tatap Muka dikarenakan keterbatasan waktu atau lokasi. Dalam Kelas Online ini Calon Investor akan mendapatkan edukasi Investasi Pasar Modal melalui pemaparan melalui media video, audio, tertulis dan forum yang digunakan sebagai sarana belajar. Calon Investor juga akan langsung diarahkan untuk membuat Rekening Dana Nasabah dari mitra Perusahaan Efek yang dapat dipilih sendiri, untuk kemudian digunakan pada saat berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia.

screenshot_2018-07-09-20-31-221525625396.png

Sekolah Pasar Modal

Materi pada kelas online SPM dapat diakses setelah akun kalian diaktifkan. Materinya berupa slide pdf dan video. Untuk mengakses materi berupa video, sangat dibutuhkan jaringan internet yang stabil.

Alur Pendaftaran Kelas Online Sekolah Pasar Modal

  1. Buat akun di web Sekolah Pasar Modal.
  2. Kemudian pilih daftar kelas online. Setiap harinya mitra perusahaan efek yang bertugas berbeda-beda. Saat saya daftar, perusahaan efek yang bettugas adalah PT Indo Premier Sekuritas.
  3. Isi data dan upload berkas.
  4. Transfer uang sebesar Rp100.000,00 dan konfirmasi pembayaran. Uang ini akan digunakan sebagai dana awal dalam berinvestasi saham.
  5. Setelah pembayaran dikonfirmasi, perusahaan efek akan menghubungi calon investor via email untuk mengisi formulir dan melengkapi berkas yang harus dikirim ke kantor mereka.
  6. Berkas yang dibutuhkan seperti fotocopy KTP, fotocopy halaman depan buku tabungan, NPWP, foto selfie dengan KTP asli. Jika sumber dana untuk investasi berasal dari suami, maka fotocopy KTP suami juga diperlukan.
  7. Proses pembuatan akun investor ini membutuhkan 1-2 hari kerja setelah berkas yang dibutuhkan sampai di alamat perusahaan efek.

Selain kelas online, Bursa Efek Indonesia juga membuka kelas tatap muka. Untuk kelas tatap muka, bisa dipilih jadwal dan lokasi yang diingikan. Bisa cek di web Sekolah Pasar Modal. Untuk kelas tatap muka pun ada dua pilihan kelas SPM, yaitu SPM atau SPM Syariah. Untuk level 1 ditujukan bagi pemula yang belum memiliki akun investor. Sedangkan level 2 ditujukan bagi orang yang telah menjadi investor.

Semoga bermanfaat. Yuk, nabung saham!