Kasir Toko Portable : Aplikasi Sederhana Untuk Merekap Transaksi Penjualan


Untuk para pedagang, catatan transaksi pembelian dan penjualan, serta data stok barang sangatlah penting. Dengan catatan tersebut, kita bisa mengetahui apakah bisnis yang dijalankan sehat atau tidak. Untung atau tidak. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah supaya tahu apakah pedagang sudah wajib zakat perdagangan atau belum. Kalau kita saja tidak tahu laba yang kita dapat setiap bulannya dan nilai barang yang kita punya, bagaimana kita bisa tahu apakah kita sudah wajib zakat perdagangan atau belum?

Karena saya masih meng-handle toko online sendiri dan lebih mudah merekap transaksi melalui smartphone dibandingkan pc, maka saya pun mencoba berbagai cara untuk merekap transaksi. Mulai dari dicatat via note, dicatat manual di buku, ataupun di rekap menggunakan microsof excel. Sampai akhirnya saya menemukan aplikasi yang mudah, lengkap, serta bisa dalam mencatat transaksi penjualan online dan yang pasti semuanya bisa dilakukan dengan smartphone. Aplikasi itu adalah Kasir Toko Portable.

Aplikasi Kasir Toko Portable sangat membantu saya dalam merekap arus uang dalam transaksi penjualan maupun pembelian, data stok produk, data HPP barang, hutang piutang, laporan harian, bulanan, dan tahunan.

Aplikasi Kasir Toko Portable ini ada tingkatnya. Mulai dari yang mudah dan yang lebih sulit. Saat ini sya menggunakan tingkatan yang mudah. Selain bisa digunakan di android, aplikasi ini juga bisa disinkronkan ke pc. Untuk mengaksesnya pun ada dua pilihan, yaitu sebagai pemilik toko atau admin.

Fitur Kasir Toko Portable

photogrid_15308831012611509228752.jpg

Fitur pada aplikasi Kasir Toko Portable

Berikut menu/fitur yang ada di aplikasi Kasir Toko Portable :

  1. Penjualan : Saat ada transaksi penjualan, kita bisa memasukkan data transaksi pejualan pada menu ini.
  2. Pembelian : Saat ada pembelian barang ke suplier, kita bisa memasukkan data pembelian tersebut pada menu ini. Pada menu ini, kita bis alangsung memasukkan data produk yang kita beli dari suplier dan otomatis stok produk tersebut bertambah.
  3. Pengeluaran umum : Untuk menu ini, biasanya saya masukkan data pengeluaran pembelian lakban untuk packing dan ATK.
  4. Piutang : Kita pun bisa merekap data customer yang melakukan pembelian dengan cara cicilan.
  5. Kategori produk
  6. Data produk : Menu data produk memperlihatkan nilai pokok penjualan setiap barang dan harga jual barang.
  7. Data stok : Menu ini memperlihatkan jumlah stok awal yang dimiliki, stok yang telah terjual, dan sisa stok saat ini. Jika terjadi transaksi penjualan, maka otomatis data stok pada menu ini akan berkurang.
  8. Arus Uang : Menu ini berisi data transaksi.
  9. 9. Laporan Harian, Bulanan, dan Tahunan : Ketiga menu ini menunjukkan data transaksi yang terjadi sesuai periode tersebut. Datanya berupa total omset, laba kotor, laba bersih, transaksi pembelian ke suplier, transaksi penjualan, piutang, dan data 20 produk dengan penjualan terbanyak dalam periode tersebut.
  10. 10. Laporan Saldo : Pada menu ini akan ada data nilai barang yang kita miliki berdasarkan data HPP yang lita masukkan.

Berikut contoh halaman data stok produk dan laporan harian, bulanan, dan tahunan pada aplikasi Kasir Toko Portable.

photogrid_15310547306201652946468.jpg

Halaman data stok dan data produk

photogrid_153105549591618548589.jpg

Laporan transaksi harian, bulanan, dan tahunan

Aplikasi Kasir Toko Portable dapat diunduh pada link ini. Semoga review ini bermanfaat. 😊

Advertisements